Jumat, 09 Maret 2012

ETIKA DAN PROFESIONALIME TSI

PENGERTIAN ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI

Pengertian Etika
Menurut para ahli, etika adalah aturan,perilaku, adat kebiasaan manusia dalam pergaulan antara sesamanya dan menegaskan mana yang  benar dan mana yang buruk. Etika berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘ETHOS’ yang berarti norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran bagi tingkah laku manusia yang baik.
Etika dalam perkebangannya memberikan orientasi kepada manusia bagaimana ia menjalani hidupnya melalui serangkaian tindakan dalam kehidupan sehari-hari. Etika pada akhirnya dibutuhkan untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Pengertian Profesionalisme
Profesionalisme berasal dari kata professional yang mempunyai makna yaitu berhubungan dengan profesi dan memerlukan kepandaian khusus untuk menjalankannya (KBBI, 1994). Sedangkan profesionalisme adalah tingkah laku, keahlian atau kualitas dari seseorang yang professional (Longman, 1987)
Ciri-ciri profesionalisme antara lain :
  •    . Mempunyai keterampilan yang tinggi dalam suatu bidang serta kemahiran dalam menggunakan peralatan tertentu yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas yang bersangkutan dengan bidang tersebut.
  • .      Mempunyai ilmu dan pengalaman serta kecerdasan dalam menganalisis suatu masalah dan peka di dalam membaca situasi cepat dan tepat serta cermat dalam mengambil keputusan terbaik atas dasar kepekaan.
  • .      Memiliki sikap yang berorientasi ke depan sehingga memiliki kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbetang di hadapannya.
  • .      Memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi serta terbuka menyimak dan menghargai  pendapat orang lain, namun cermat dalam memilih yang terbaikbaik diri dan perkembangan pribadinya.

Sehingga, Etika dan Profesionalisme TSI adalah aturan atau nilai-nilai (kode etik ) yang harus dimiliki seorang profesionalisme dalam mengembangkan dan mempublikasikan yang berkaitan dengan Teknologi Sistem Informasi.

MENGAPA DIBUTUHKAN ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI
Alasan mengapa dibutuhkan etika dan rpofesionalisme teknologi sistem informasi adalah :
1.   Agar mampu memetakan permasalahan yang timbul akibat penggunaan teknologi informasi itu.
2.  Mampu menginvetariskan dan mendefinisikan etika dalam teknologi informasi.
3.  Mampu menemukanmasalah dalam penerapanetika teknologi informasi.

Tujuan pokok dari rumusan etikadalam kode etik (code of conduct) profesi adalah :
1. Standar-standar etika menjelaskan dan menetapkan tanggung jawab terhadap klien, institusi dan masyarakat pada umumnya.
2. Standar-standar etika membantu tenaga ahli dalam menentukan apa yang harus mereka perbuat kalau mereka menghadapi dilema-dilema etika dalam pekerjaan.
3. Standar-standar etika membiarkan profesi menjaga reputasi atau nama dan fungsi-fungsi profesidalam masyarakat melawan kelakuan-kelakuan yang jahat dari anggota-anggota tertentu.
4. Standar-standar etika mencerminkan atau membayangkan pengharapan moral-moral dari komunitas, dengan demikian standar-standar etika menjamin bahwa para anggota profesi akan menaati kitab-kitab UU etika (kode etik) profesi dalam pelayanannya.
5. Standar-standar etika merupakan dasar untuk menjaga kelakuan dan integritas atau kejujuran dari tenaga ahli profesi.
6. Perlu diketahui bahwa kode etik profesi adalah tidak sama dengan hukum (atau undang-undang). Seorang ahli profesi yang melanggar kode etik profesi akan menerima sangsi atau denda dari induk organisasi profesinya.

KAPAN ETIKA DAN PROFESIONALISME DIGUNAKAN
Etika dan profesionalisme TSI bukan hanya digunakan saat sedang melakukan sebuah proyek yang akan dijalankan melainkan juga etika dan profesionalisme itu sendiri harus dijalankan setiap waktu pada saat yang tepat. Sebuah pertanggung jawaban dari suatu etika dan profesionalisme haruslah nyata.

SIAPA YANG MENGGUNAKAN ETIKA DAN PROFESIONALISME TSI
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya terbagi dalam 3 kelompok sesuai bidangnya.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
1.      Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa sistem yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa sistem yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain sistem yang akan dikembangkan.
a. Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan sistem analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun sistem operasi) sesuai sistem yang dianalisa sebelumnya.
b. Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
c. Web Programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya dan lain- lain
2.       Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware). Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan- pekerjaan seperti:
a. Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat sistem komputer
b. Networking Engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan komputer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya dan lain-lain
3.       Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional sistem informasi. Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan seperti :
a. EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
b. System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem, melakukan pemeliharaan sistem, memiliki kewenangan mengatur hak akses terhadap sistem, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah sistem.


sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar